Apakah blog kami membantu anda?

Senin, 29 Desember 2014

Prosedur Sistem Berjalan, Kamus Data dan Spesifikasi Tentang Sistem Penjualan Kredit


1.1 Prosedur Sistem Berjalan
Prosedur Sistem Penjualan Kredit pada CV... adalah sebagai berikut:
1.                  Proses Pemesanan
Customer melakukan pemesanan barang dengan cara telephone atau dengan cara mengirimkan faksimile dengan menyertakan dokumen Surat Pesanan Barang (SPB). Kemudian Surat Pesanan Barang (SPB) distempel dan ditandatangan oleh pimpinan lalu di faksimile kembali kepada Customer sebagai bukti persetujuan pemesanan barang, setelah itu administrasi I melakukan pengecekan stock barang di Arsip Kartu Stock. Jika barang ada maka akan mengurangi kartu stock selanjutnya memproses penjualan dan dicatat ke dalam piutang perusahaan.
2.                  Proses pengiriman
Pada proses ini barang yang dipesanakan disiapkan dan kemudian Administrasi I mencatat jumlah barang yang akan dikirim sesuai dengan pesanan untuk digunakan sebagai dasar pembuatan surat jalan 3 rangkap. Kemudian diserahkan ke Bagian Pengiriman untuk dikirim ke Customer. Setelah barang dikirim, Bagian Pengiriman membawa surat jalan 2 rangkap yang telah distempel dan ditandatangani oleh Customer, surat jalan asli akan digunakan pada saat penagihan dan copy diarsipkan.
3.                  Proses Penagihan
Setelah pesanan selesai dikirim, Administrasi I menyiapkan dokumen tagihan yang terdiri dari Kwitansi 5 rangkap, Faktur 3 rangkap, Surat Jalan asli, Faktur Pajak 6 rangkap, dan Surat Pesanan Barang (SPB) 6 rangkap yang sudah distempel dan ditandatangan untuk diserahkan ke Customer, kemudian Customer menyerahkan Bukti Tanda Terima Kwitansi sebagai bukti penerimaan dokumen tagihan (Kwitansi, Faktur Penjualan, Faktur Pajak dan Surat Pesanan Barang (SPB) masing – masing 1 rangkap untuk diarsip oleh Bagian Administrasi I. Waktu penyerahan dokumen tagihan).
4.                  Proses Pembayaran
Setelah dokumen tagihan diterima oleh Customer. Customer melakukan proses pembayaran sesuai tanggal jatuh tempo melalui transfer antar bank, kemudian Customer mengkonfirmasikan pembayaran kepada Administrasi I untuk selanjutnya Adminstrasi I mengkonfirmasikan kepada pimpinan untuk melakukan pengecekan pembayaran tersebut ke Bank. Setelah dilakukan pengecekan, pimpinan menyerahkan rekening koran ke Administrasi I untuk digunakan sebagai bukti pembayaran piutang dan digunakan sebagai dasar pengurangan piutang perusahaan.

5.             Laporan Penjualan
Pada akhir bulan Administrasi I membuat laporan penjualan bulanan kepada pimpinan berdasarkan arsip rekap penjualan untuk proses evaluasi penjualan selama satu bulan.

1.2.Kamus Data Sistem Berjalan
            Untuk menjelaskan diagram alir data dibuatkan kamus data yang meliputi : nama arus data, alias, bentuk data, arus data, penjelasan, periode, volume, dan struktur data. Adapun data sistem berjalan dari proses pemesanan sampai proses pembayaran adalah sebagai berikut:
A.           Kamus Data Dokumen Masukan
1.      Kamus Data Surat Pesanan Barang
Nama Arus Data      : Surat Pesanan Barang
Alias                                    : SPB
Bentuk Data            : Dokumen Manual
Arus Data                : Customer – Proses 1.0 – Pimpinan
                                   Proses 1.0 – Arsip SPB
   Penjelasan                : Untuk pesanan penjualan barang
Periode                     : Setiap terjadi pesanan barang
Volume                    : Rata-rata perhari 1lembar
Struktur Data           : Header+Isi+Footer
Header                     =No_SPB+Tgl_SPB+Nama_Customer+                                  Alamat_Customer + No_Telp + No_Fax
No_SPB                   * Terdiri dari 24 digit
Tgl_SPB                   =Tgl + Bulan + Tahun
Isi                             =No_Barang+Jenis_Barang+Spesifikasi+
                                         Volume+Satuan+Harga+Jumlah_Harga+
                                         Jumlah_pembelian+PPN+Jumlah_Total+
                                         Jumlah_terbilang+Keterangan
Footer                       =ttd_manager_pabrik+ttd_pimpinan+ttd_customer
2.      Kamus Data Tanda Terima Kwitansi
Nama Arus Data      : Tanda Terima Kwitansi
Alias                                    : TTK
Bentuk Data                        : Cetakan Manual
Arus Data                : Proses 3.0 – Customer
                                   Proses 3.0 – Arsip TTK
Penjelasan                : Untuk pengganti telah diterima dokumen tagihan
Periode                    : Setiap penyerahan dokumen tagihan
Volume                    : rata-rata dua hari 1 lembar
Struktur Data           : Header+Isi+Footer
Header                     =Nama_Vendor+Pembayaran
Isi                             =Nomor+Uraian+Tgl_Kwitansi+Nomor_Kwitansi+
  Jumlah+Tgl_PPN+Nomor_PPN+Jumlah+              
  Keterangan

Footer                      =Kelengkapan+Tgl_TTK+Yang_Menerima+
Yang_Menyerahkan
B. Kamus Data Dokumen Keluaran
           1. Kamus Data Surat Jalan
               Nama                      : Surat Jalan
               Alias                       : SJ
               Bentuk Data           : Cetakan Manual
               Arus Data               : Proses 2.0 – Bagian Pengiriman
                                                 Bagian Pengiriman - Proses 2.0 – Customer
                                                 Customer - Proses 2.0 – Arsip SJ
               Penjelasan               : Untuk bukti pengiriman barang
               Periode                   : Setiap pengiriman barang
               Volume                   : Rata-rata 2 surat jalan per hari
               Struktur Data          : Header+Isi+Footer
               Header                    = No_SJ+Tgl_SJ+Penerima+No_Kendaraan
               No_SJ                     * Terdiri dari 11 digit
               Penerima                 =Nama+Alamat
               Isi                            =Banyak_Barang+Nm_Barang+No_SPB
               Footer                     =Tanda_Terima+Pembuat      
2.Kamus Data Faktur Pajak
Nama                      : Faktur Pajak
Alias                       : FP
Bentuk Data           : Cetakan Manual
Arus Data               : Arsip SJ – Proses 3.0 – Customer
                                      Proses 3.0 – Arsip Copy  FP
Penjelasan               : Untuk kelengkapan dokumen tagihan
Periode                   : Setiap terjadi penjualan
   Volume                    : Enam lembar untuk setiap transaksi penjualan
   Struktur Data           : Header+Isi+Footer
   Header                     =Kode_Faktur+PKP+Pembeli_BKP
   Kode_Faktur            * Terdiri dari 19 digit
   PKP                          =Nama+Alamat+NPWP
               Pembeli_BKP          =Nama+Alamat+NPWP
   Isi                             ={No_Barang +Nm_BKP + Harga_Jual} +     Harga_Jual + Pot_Harga + Uang_Muka + DPP + PPN
               Footer                       =PPnBM + Tanggal + Nama_WP
3. Kamus Data Kwitansi
Nama                       : Kwitansi
Alias                                    : KW
Bentuk Data                        : Cetakan Manual
Arus Data                    : Arsip SJ – Proses 3.0 – Customer
                                      Proses 3.0 – Arsip Copy KW
Penjelasan                : Untuk kelengkapan dokumen tagihan
Periode                    : Setiap transaksi penjualan
Volume                    : 4 lembar untuk setiap transaksi penjualan
Struktur Data           : Header+Isi
Header                     =No_Kwitansi
No_Kwitansi           *Terdiri dari 11 digit
Isi                             =No_SPB+Nama_Customer+Terbilang+ Spesifikasi_Pembayaran+Jumlah+Tanggal+Ttd
            4. Kamus Data Faktur Penjualan
Nama                       : Faktur Penjualan
Alias                        : F.Pen
Bentuk Data            : Cetakan Manual
   Arus Data                 : Arsip SJ – Proses 3.0 – Customer
                                      Proses 3.0 – Arsip Copy F.Pen
Penjelasan                : Untuk kelengkapan dokumen tagihan
Periode                    : Setiap transaksi penjualan
Volume                    : 3 lembar untuk setiap transaksi penjualan
Struktur Data           : Header+Isi+Footer
Header                                 =No_FP+No_SPB+Tanggal+Nama_Customer+ Alamat_Customer
No_FP                     * Terdiri dari 11 digit
Isi                             = Banyak_Barang+Nama_Barang+Harga+Jumlah+
                                   PPN+Terbilang+Total+Ttd_Vendor
Footer                      = ttd_Pembuat
5. Kamus Data Laporan Penjualan Bulanan
Nama Arus Data      : Laporan Penjualan Bulanan
Alias                                    : LPB
Bentuk Data            : Dokumen Manual
Arus Data                : Arsip rekap penj. – Proses 5.0
                                  Proses 5.0 - Pimpinan            
   Penjelasan                : Untuk laporan penjualan bulanan
Periode                     : Setiap bulan
Volume                    : Rata-rata perbulan1lembar
Struktur Data           : Header+Isi+Footer
Header                     =Periode pembuatan laporan
               Isi                            =No + No_kwitansi + tgl_kwitansi + No_SPB + Nama_barang + Volume + Harsat + Ttl_hrg + PPN 10% + Harga &  PPN
Footer                       =Keterangan + Dibuat oleh

1.3. Spesifikasi Sistem Berjalan
Dalam spesifikasi system berjalan ini akan dijelaskan mengenai dokumen-dokumen yang terdapat dalam proses pencatatan datanya, dokumen-dokumen tersebut terdiri atas dokumen masukan dan dokumen keluaran.
A.    Spesifikasi Bentuk Dokumen Masukan
1.      Surat Pesanan Barang
Fungsi                         : Untuk pemesan barang
Sumber            : Kasi Keuangan&Personalia(Customer)
Tujuan             : Administrasi I
Media              : Kertas
Jumlah             : Satu lembar
Frekuensi         : Setiap pemesanan
Bentuk           : Lihat Lampiran III.1
2.      Tanda Terima Kwitansi
Fungsi             : Untuk bukti telah diterima dokumen tagihan
Sumber            : Bagian pengadaan
Tujuan             : Administrasi I
Media              : Kertas
Jumlah             : Satu lembar
Frekuensi         : Setiap penyerahan dokumen tagihan
Bentuk            : Lihat Lampiran III.6
B.  Spesifikasi bentuk Dokumen Keluaran
1.      Surat Jalan
Fungsi                         : Untuk bukti pengiriman barang
Sumber            : Administrasi I
Tujuan             : Bagian Gudang
Media              : Kertas
Jumlah             : Tiga lembar
Frekuensi         : Setiap pengiriman barang
Bentuk                        : Lihat Lampiran III.2
2.      Faktur Pajak
Fungsi             : Untuk kelengkapan dokumen tagihan
Sumber            : Adminstrasi I
Tujuan             : Bagian pengadaan
Media              : Kertas
                        Jumlah             : Enam lembar
                        Frekuensi         : Setiap penjualan
                        Bentuk            : Lihat Lampiran III.5
3.      Kwitansi
Fungsi             : Untuk kelengkapan dokumen tagihan
Sumber            : Adminstrasi I
Tujuan             : Bagian pengadaan
Media              : Kertas
                        Jumlah             : Empat lembar
                        Frekuensi         : Setiap penjualan
                        Bentuk                        : Lihat Lampiran III.3
4.      Faktur Penjualan
Fungsi             : Untuk kelengkapan dokumen tagihan
Sumber            : Adminstrasi I
Tujuan             : Bagian pengadaan
Media              : Kertas
Jumlah             : Tiga lembar
Frekuensi         : Setiap penjualan
Bentuk                        : Lihat Lampiran III.4
5. Rekapan Penjualan
Fungsi                         : Untuk laporan penjualan bulanan
Sumber            : Administrasi I
Tujuan             : Pimpinan
Media              : Kertas
Jumlah             : Satu lembar
Frekuensi         : Setiap bulan

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. terimakasih sudah share. sangat membantu

    BalasHapus
  3. How to Make Money from Bet365 Account in 2021? - Work
    Bet365 หาเงินออนไลน์ Account in 2021? · Bet Credits available for use upon settlement of bets to value of qualifying deposit. · Deposit match: Get up to £50 in Bet

    BalasHapus